Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Rakitis

Apa itu rakitis? Rakitis yaitu penyakit yang umumnya terjadi akhir kekurangan vitamin D dan terjadi pada anak-anak.

Adanya suatu penyakit yang bersarang dalam tubuh, tentu patut diwaspadai, lantaran dikhawatirkan menjadikan komplikasi penyakit kronis lainnya. Untuk itu, perlu anda untuk mengenal penyebab taupun tanda-tanda dari suatu penyakit. Berikut uraian mengenai penyebab dan tanda-tanda rakitis.

1. ASI yang miskin Vit D

Penyebab dan tanda-tanda rakitis perlu diwaspadai lantaran sanggup membahayakan keselamatan jiwa. Gejala rakitis yang sering ditemui di banyak negara berkembang yaitu ASI yang miskin vitamin D. Ibu yang kurang asupan vitamin D akan memproduksi ASI yang miskin vitamin pula. Sehingga bayi atau anak akan rentan terkena rakitis

2. Cacat genetika

Rakitis yang terjadi pada bawah umur juga sanggup disebabkan adanya cacat genetika. Pada kasus ini, penderita mengalami kelainan ginjal, menjadikan ginjal tidak sanggup bekerja secara optimal dalam menyerap kalsium fosfat dalam tulang dan darah.

3. Memakai baby walker

Memakai baby walker umum dipakai pada bayi yang berusia 12 bulan. Pada usia tersebut orang bau tanah beranggapan sudah waktunya anak untuk berjalan, sehingga baby walker dipakai sebagai alat bantu. Faktanya penggunanan baby walker merupakan tindakan kurang tepat lantaran pada anak yang belum bisa menopang berat tubuh hanya akan memakai satu kaki untuk menyangga, yang mengakibatkan ketidakseimbangan otot.

4. Penyakit celiac

Penyakit celiac yaitu kondisi yang menggambarkan reaksi negatif pada pencernaana lantaran mengkonsumsi gluten. Celiac bukan termasuk alergi, namun merupakan  kondisi autoimun dimana tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung dalam gluten sebagai zat yang membahayakan tubuh.

5. Kekurangan asupan makan yang kaya Vit D

Penyebab ini merupakan penyebab utama yang menjadikan seseorang terjangkit rakitis.  Asupan vitamin D sanggup diperoleh dari susu, jamur, hati sapi, telur, minyak ikan kod, ikan berlemak, tahu tempe, tiram dan susu kedelai.

6. Cystic fibrosis

Cystic fibrosis yaitu penyakit yang menggambarkan adanya penyumbatan di kanal nafas dan pencernaan, yang disebabkan mengentalnya lendir-lendir dalam tubuh. Pada kanal pencernaan, cystic fibrosis menjadikan tanda-tanda sembelit, penurunan berat badan, warna kulit bayi berubah kuning dan tekstur tinja yang abnormal.

7. Kurang terkena sinar matahari

Sinar matahari yaitu sumber alami untuk menerima vitamin D. Kebanyakan seseorang takut untuk berjemur bukan lantaran alasan yang masuk akal, tetapi hanya tidak mengingikan warna kulit menjadi lebih gelap. Sebagai catatan, sinar matahari tidak akan merusak kulit kalau berjemur dilakukan pada pukul 7 sampai 9 pagi. Sebagai tambahan, berjemur setidaknya 10 menit setiap hari sanggup meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Menderita gangguan usus hati dan ginjal

Seseorang yang menderita gangguan usus, hati dan ginjal akan sangat rentan terkena rakitis. Ini terjadi lantaran terganggunya fungsi organ tersebut sanggup mengakibatkan terhambatnya absorpsi mineral dan vitamin.

9. Efek samping obat-obatan

Rakitis mungkin terjadi pada seseorang yang sering memakai atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya seseorang yang mengkonsusi obat-obatan anti kejang rentan terhadap rakitis, lantaran reaksi obat tersebut  dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengelola vitamin D.

10. Kelahiran prematur

Prematur yaitu istilah yang menggambarkan kondisi lahirnya janin yang keluar tiga ahad atau lebih dulu sebelum waktu kelahiran normal. Kelahiran prematur ini mengakibatkan pembentukan penyimpanan atau perbekalan vitamin D dikala dalam rahim belum terbentuk sempurna.

Selain sepuluh penyebab rakitis, anda juga perlu mencurigai adanya penyebab lain dari rakitis. Dengan mencurigai penyebabnya anda akan berpotensi lebih besar mengetahui cara untuk terhindar dari rakitis. Dua poin di bawah ini merupakan penyebab rakitis lainnya.

11. Gangguan fungsi ginjal

12. Penyakit radang pencernaan

Setelah mengatahui secara lengkap penyebab dan tanda-tanda rakitis, ada baiknya anda juga mengetahui apa saja tanda-tanda yang ditimbulkan rakitis. Lebih jauh lagi, apabila anda ataupun orang terdekat anda menunjukkan tanda-tanda yang sama, segera temui dokter guna menerima penanganan yang tepat.

1. Nyeri tulang

2. Harrison alur

3. Ganguan pertumbuhan

4. Deformities rangka

5. Masalah gigi

6. Malleoli ganda dengan tanda akhir hiperplasil metaphyseal

7. Meningkat resiko patah tulang

8. Kelemahan otot

9. Hipokalsemia

10. Tetani atau kejang otot

11. Pembengkakan

12. Tengkorak lunak

13. Pelebaran pergelangan tangan yang mampi menjadikan kecurigaan awal

Untuk mengobati penyakit rakitis anda sanggup memperbanyak asupan gizi yang kaya dengan kalsium dan vitamin D. Perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada diri anda, lantaran itu sebagai bentuk pencegahan anda terhindar dari aneka macam gangguan kesehatan. Tetap sehat dengan waspada pada setiap penyebab penyakit dan gejalanya.

You May Also Like